Kenapa Kucing Bisa Selamat Jatuh dari Ketinggian?

Kenapa Kucing Bisa Selamat Jatuh dari Ketinggian

Fakta Kucing

Kalau lagi lihat kucing lagi main di atas genteng kita suka mendadak panik dan khawatir takut kalau si kucing jatuh dan sampai kenapa-napa, tapi waktu jatuh bukannya kesakitan si kucing malah nyantai-nyantai aja nggak terjadi apa-apa.


Apakah kucing punya 9 nyawa?

Pertanyaannya Kenapa kucing itu bisa selamat jatuh dari ketinggian?. Apakah benar gara-gara mereka punya 9 nyawa?. Jawabannya tentu saja bukan, tetapi fenomena kucing selamat jatuh dari ketinggian Bisa dijelaskan karena 3 alasan ini.


Tubuh kucing dirancang kusus

Yang pertama secara biologis tubuh kucing itu ternyata diciptakan untuk dapat bertahan hidup saat jatuh dari ketinggian, karena secara naluri keluarga kucing dikenal sebagai arboreal atau hewan yang hidup dari pohon ke pohon

Walaupun kucing domestik peliharaan sekarang hidupnya kini dari meja ke Meja di rumah, Tapi inilah penyebabnya Kenapa yang membuat insting mereka cepat atau lambat belajar untuk terjatuh sama seperti hewan arboreal lain tubuh kucing itu seolah membuat sistem pertahanan untuk melindungi diri saat terjatuh. 


Proses saat kucing jatuh

Nah, gimana sih prosesnya di tubuh kucing saat kucing itu terjatuh? jadi waktu jatuh kucing itu dengan cepat ngebentuk tubuh mereka yang lentur mengembangkan kaki dan juga ekor mereka, jadi seperti parasut. Jadi mirip kaya terjun payung cara ini ternyata ngebantu kucing bisa mendarat dengan selamat.


Posisi kucing terjatuh

Posisi ini juga memperlambat laju kucing pas jatuh sehingga resiko cedera pun berkurang, uniknya lagi gimana pun posisi Kucing jatuh dia bakal bisa mengubah arah dan posisinya untuk mendarat. Ini bisa terjadi karena kucing punya tulang belakang yang sangat fleksibel dan dia enggak punya tulang selangka yang ngebatesin pergerakannya.

Kaki kucing yang panjang juga punya otot yang kuat dan lentur sampai mampu menopang tubuh mereka saat jatuh, kekenyalan otot ini membuat mereka jadi lebih mungkin selamat dibandingkan otot kaki manusia atau kuda yang kaku contohnya.


Bentuk kaki kucing

Jadi kalau dilihat-lihat lagi kaki kucing itu juga lebih miring atau enggak lurus seperti kaki manusia, jadinya mereka lebih mudah melakukan kakinya ketika dalam kondisi jatuh, posisi ini juga mengurangi resiko patah kaki sang kucing.


Luas badan lebih besar dari berat badannya

Terus kalau secara fisika tubuh kucing itu ternyata punya luas permukaan yang bisa dibilang besar kalau dibandingin beratnya, beda sama hewan-hewan besar seperti kuda atau manusia. Nah kondisi ini ternyata bisa mengurangi dampak benturan waktu nabrak tanah, karena bentuk tubuh kucing ngebuat mereka jatuh lebih lambat dibanding dengan hewan yang besar dan berat yang luas permukaan tubuhnya relatif lebih kecil.


Fakta kucing

Bahkan fakta menariknya kecepatan Kucing jatuh dari ketinggian bisa dua kali lipat lebih lambat dibandingkan kalau manusia jatuh dari tempat yang sama, Alasan-alasan inilah yang membuat kucing tetap bisa selamat jatuh dari ketinggian. Beda sama kita bentuk tubuh kucing yang lentur dan insting yang hebat membuat mereka bisa selamat jatuh dari ketinggian, maka jangan coba-coba jatuh dari ketinggian kaya Kucing karna akan beda hasilnya. 

Source : Kok Bisa?