Cara Terbaik Optimasi SEO Untuk Blog Kamu

Cara Terbaik Optimasi SEO Untuk Blog Kamu
Optimasi SEO Untuk Blog Kamu

Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi atau membuat situs blog atau halaman blog kamu agar mendapat tempat terbaik di mesin pencari dengan beberapa teknik tertentu.


Terkadang kamu harus mengikuti dan melakukan beberapa modifikasi (perubahan) terhadap blog atau halaman blog kamu untuk memudahkan mesin pencari untuk merayapi, mengindeks dan memahami konten yang kamu bagikan.


Optimasi SEO

Bagaimanakah cara mengoptimalkan SEO blog seperti blogspot? Panduan berikut ini terinspirasi dari Panduan Pemula Optimasi Mesin Pencari Google, yang telah kami ringkas dalam halaman bantuan kami. Kami sarankan untuk membaca panduan lengkap dari Google tersebut, karena dalam postingan ini kami hanya menulis poin-poin penting yang bisa kamu terapkan di blog BLOGSPOT.COM kamu.


1. Menggunakan Template SEO Friendly

Untuk mengoptimalkan SEO blog kamu, kamu harus menggunakan template atau CSS blog yang ramah untuk mesin pencari. Template blog yang bagus dan menarik tidak cukup. Jangan menggunakan template yang menyembunyikan beberapa elemen atau menyembunyikan isi posting. Hal tersebut buruk dan dapat mempengaruhi SEO. Saran kami, gunakan template blog yang sederhana dan SEO friendly atau kamu dapat menggunakan template bawaan kami. Kamu dapat menggunakan situs www.chkme.com sebagai alat bantu untuk mengecek keramahan template yang kamu pakai.


2. Riset Kata Kunci

Cari tahu kata kunci yang sering digunakan. Setiap orang memiliki cara bagaimana mereka mengetik kata kunci di mesin pencari. Dengan mengetahui kata kunci yang populer atau sesuai dengan artikel yang akan kamu terbitkan, kesempatan untuk mendapat pengunjung dari mesin pencari semakin besar. Kamu dapat menggunakan Google Adwords: Keyword Tools, sebuah layanan yang disedikan Google secara gratis untuk meriset keyword.


3. Buatlah Judul Yang Unik & Ramah Untuk Mesin Pencari

Luangkan waktu lebih untuk memikirkan judul. Walaupun pemberian judul bukan aturan yang mengikat. Tapi judul yang baik adalah judul tidak terlalu pendek (kurang dari tiga kata) dan tidak terlalu panjang (lebih dari 15 kata). Judul harus menggambarkan isi dari artikel yang diterbitkan. Gunakan kata kunci seperlunya untuk judul, menggunakan kata kunci yang berlebihan pada judul akan sangat tidak efektif. Satu hal lagi, jangan menggunakan judul yang samar dan sama dengan judul postingan kamu yang lain.


4. Tulis Konten Berkualitas

Jangan memikirkan seberapa banyak kata yang akan kamu gunakan agar konten yang kamu bagikan (misalnya artikel) tampak baik. Konten yang baik tidak diukur dari jumlah kata yang digunakan, tapi seberapa original konten tersebut dan bukan hasil copy paste. Ajak pembaca untuk terus-menerus membaca konten yang kamu bagikan. Konten yang ramah untuk pembaca, maka juga ramah untuk mesin pencari.


5. Gunakan Penulisan Link Yang Baik

Penulisan link yang baik pada postingan adalah link yang ditulis dengan singkat dan deskriptif. Bagaimana maksudnya? Yaitu menggunakan kata kunci yang mengarah ke situs lain sebagai link. Metode penulisan link seperti ini, Baca tips lainnya, 7 Cara Mengoptimalkan SEO Blog 

jauh lebih baik daripada menulis link dengan  penulisan seperti ini Tips SEO lainnya Klik Disini. Gunakan secara bijak, jangan berlebihan menggunakan kata kunci dan link pada sebuah postingan.


6. Pengoptimalkan Penggunaan Gambar Pada Postingan

Gambar yang kamu sertakan pada postingan akan mempengaruhi SEO blog kamu. Untuk mengoptimalkannya, namai gambar yang kamu unggah dengan nama yang singkat dan deskriptif. Penamaan gambar seperti "DZFJ23.jpg" kurang baik untuk SEO, akan lebih baik jika kamu menamai dengan "bertemu-arvind-gupta.jpg" dan sebagainya sesuai tema gambar. Namai gambar sesuai kebutuhan, tidak terlalu panjang dan tidak berlebihan menggunakan kata kunci. Agar gambar yang kamu sertakan pada postingan terbaca oleh mesin pencari saat gagal loading, kami sarankan kamu memakai kode html untuk menamai gambar dengan menggunakan kode "alt". Kode tersebut akan mempermudah mesin pencari mengindeks gambar kamu.


7. Gunakan Bold, Italic & Underline Pada Postingan

Menandai kata kunci pada postingan dengan kode bold, italic dan underline juga sangat baik dalam SEO. Kata kunci pada postingan yang kamu tandai dengan kode tersebut, akan membuat mesin pencari lebih fokus pada kata kunci yang kamu tandai. Dan terkadang mesin pencari akan menampilkan kata yang kamu tandai pada hasil penelusuran. Saran kami, gunakanlah secara bijak dan tidak berlebihan. Penggunaan secara berlebihan akan menggangu pembaca dan tidak disukai mesin pencari.


8. Membangun Backliks

Backlinks sangat baik untuk SEO blog kamu asalkan backlinks yang digunakan adalah backlinks yang natural, baik dan berkualitas. Berlebihan dalam mencari backlinks untuk optimasi mesin pencari akan berakibat sangat buruk pada blog kamu. Lakukan secara terus menerus dan bertahap untuk hasil yang natural, baik dan berkualitas.


9. Manfaatkan Sosial Media Secara Benar

Kamu dapat menggunakan akun sosial media yang kamu miliki untuk mempromosikan postingan blog kamu. Semakin banyak pengunjung yang membagikan postingan kamu, maka semakin baik untuk SEO. Apalagi jika postingan kamu menjadi viral. Namun jangan pernah menebar link postingan atau link sampah secara berlebihan. Ini akan menurunkan citra blog kamu.


10. Gunakan Webmaster Tools

Mulailah daftarkan blog kamu ke beberapa situs-situs webmaster tools, seperti Google Webmaster Tools, Bing Webmaster Tools dan sebagainya. Mendaftarkan dan menggunakan webmaster tools akan membantu kamu memantau peforma blog kamu dimesin pencari. Kamu juga bisa memperbaiki kesalahan yang mungkin ada pada blog kamu agar peforma dimesin pencari semakin baik.


11. Menyetorkan Sitemap

Kami sangat menyarankan untuk menyetorkan sitemap ke mesin pencari. Dengan menyetorkan sitemap maka mesin pencari akan lebih mudah untuk menemukan dan mengindeks blog kamu. Kamu dapat mamanfaatkan Google Sitemap. Sitemap blog kamu adalah http://alamat-blog-kamu/sitemap.xml