Mengatasi Komputer Tidak Tampil di Monitor

CaraGokil.ComApa penyebab komputer tidak tampil ke layar monitior?. Padahal mesin jalan normal dan terkadang tampil sebentar bahkan tidak tampil sama sekali. Jika kita mengalami masalah seperti ini maka kita bisa mengatasinya dengan menggunakan tutorial berikut ini.

solusi Komputer Tidak Tampil di Monitor

Penyebab komputer tidak tampil ke layar monitor memang tidak bisa langsung menghukum salah satu komponen, karena hampir semua komponen bisa berperan dalam tidak tampilnya komputer ke monitor, dan komponen yang berperan besar dalam masalah ini adalah MONITOR, VGA + KABEL, RAM, PROSESOR Dan BIOS. Dan jika kita ingin mencari tahu komponen mana yang berperan dalam kasus ini maka kita bisa mengeceknya satu persatu dengan mengikuti penjelasan seperti berikut ini.
Baca Juga :


Solusi Komputer Tidak Tampil di Monitor


Monitor
Monitor

Pastikan monitor yang kita gunakan dalam kondisi baik dan bisa berjalan normal, untuk mengujinya kita bisa mencoba monitor pada pc yang normal milik kita atau bisa juga pinjam ke pc teman kita. Atau bisa juga sekalian cek kabel kabel yang tersambung ke monitor seperti kabel VGA dan kabel Power ke CPU.

Ram
Ram

Meskipun ram hanya sebagai tempat penyimpanan sementara akan tetapi sangat berpengaruh jika ram kita rusak atau kotor, Biasanya jika monitor tidak tampil sedangkan mesin berjalan maka ramnya kotor, dan cara mengatasinya adalah dengan mencabut ram dari konektor dan membersihkan ram juga konektornya.


begitu juga  jika ramnya rusak maka tidak akan muncul gambar ke monitor dengan dibarengi bunyi beep, cara mengatasinya adalah dengan cara seperti di atas atau mengganti ram tersebut dengan yang baru bisa juga pinjam ram milik teman kita untuk pengetesan.

VGA
VGA

VGA adalah salah satu bagian dari komputer yang berperan sangat penting, dengan adanya VGA maka komputer bisa memproses visualisasi dan mengirim ke Monitor untuk ditampilkan menjadi sebuah gambar. Dan jika VGA internal kita bermasalah atau rusak maka monitor tidak akan menampilkan apapun sehingga kita harus menggunakan VGA external. 


Kabel VGA
Kabel VGA

Meskipun kabel VGA ini terlihat sangat sepele namun pengaruhnya sangat besar jika komputer kita tidak menampilkan gambar karena dengan kabel VGA inilah pc dan monitor bisa tersambung, jika monitor tidak tampil karena masalah dari kabel vga maka kita bisa meminjam kabel vga milik teman atau tes kabel kita ke pc teman kita, jika rusak maka tinggal kita ganti dengan yang baru. 

Prosessor
Prosessor

Prosesor adalah komponen utama layaknya otak dari komputer. Jika prosesor bermasalah maka komputernyapun tidak akan bekerja dan hanya akan menghidupkan mesin saja. Ini adalah salah satu penyebab komputer tidak tampil dan biasanya prosesor terlalu panas yang menyebabkan gangguan peforma pc. Ini bisa kita atasi dengan cara memberikan pasta khusus prosesor agar suhu prosesor tetap stabil. 


Bios Default
Bios Default

Pengaturan bios yang salah juga bisa menjadi penyebab komputer tidak tampil, dan untuk cara mengembalikan Bios ke default kita bisa melakukannya dengan cara melepaskan batrai CMOS yang ada didalam motherboard dengan bentuk bundar seperti batrai jam tangan sebentar dan memasangnya kembali maka secara otomatis bios akan menjadi default.
 
Partner : Hissense, MozoAndroid  
Terimakasih telah berkunjung ke caragokil.com, semoga artikel tentang Mengatasi Komputer Tidak Tampil di Monitor ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kita semua, jika ada pertanyaan bisa memberikan komentar atau langsung berdiskusi dengan admin di grup fb.