cara mengatasi pc tidak masuk windows An operating system wasn’t found.

CaraGokil.Com – Apa penyebab terjadinya komputer tidak mau masuk windows dengan peringatan seperti berikut. An operating system wasn’t found. Try disconnecting any drives that dont contain an operating system. Press Ctrl +Alt+Del to restart.

An operating system wasn’t found. Try disconnecting any drives that dont contain an operating system. Press Ctrl +Alt+Del to restart

Dalam kasus ini komputer masih menyala dan tampil di monitor namun dengan peringatan seperti pada gambar. Dan untuk masalah ini sudah dapat dipastikan bahwa yang menjadi sumber masalah adalah dari komponen penyimpanan data atau HDD (Hardisk).

Selain hardisk, masalah ini juga dapat diakibatkan oleh kabel hardisk atau soket/port hardisk yang kotor atau rusak dan berikut ini adalah penyebab komputer tidak mau masuk windows karena masalah pada hardisk beserta dengan cara mengatasinya.

Penyebab pc tidak mau masuk windows


  • Salah memasang port hardisk
Salah memasang port hardisk juga bisa menjadi faktor tidak mau masuknya komputer ke window karena komputer hanya akan BOOTING di port hardisk dimana pertamakali kita menginstall windows.

Cara mengatasinya yaitu dengan memindahkan port hardisk kita ke port yang lain, jika tidak berhasil maka coba satu persatu port yang ada. Dan jika masih belum berhasil maka kita atur pengaturan komputer agar bisa BOOTING di port hardisk yang kita inginkan.


  • Menambah hardisk
Jika kita hendak akan menambah hardisk baru maka kita tidak boleh memindahkan hardisk utama (system) ke port yang lain, jika kita pindahkan maka komputer akan BOOTING ke port itu maka komputer tidak akan mendeteksi system yang ada di hardisk utama tadi karena sudah berpindah tempat.


  • Hardisk utama atau penyimpanan system rusak/error
Untuk kasus yang satu ini adalah penyebab paling berat dikarenakan kita sudah tidak punya jalan lain selain menginstall ulang windows kita dengan yang baru.

Jika masalahnya hardisk utama error/bad sector  maka kita harus memperbaiki hardisknya atau memformat ulang dan mengintall windows yang baru.

Jika masalahnya hardisk utama rusak maka kita harus menggantinya dengan yang baru karena hardisk tidak bisa diperbaiki (susah direpair) dan kita install ulang dan windows yang baru.

Terimakasih telah berkunjung ke caragikil.com dan membaca artikel tentang cara mengatasi pc tidak masuk windows, semoga tutorial yang kami berikan bisa membantu dan bermanfaat untuk kita semua, jika masih bingung atau mau bertanya bisa langsung memberikan komentar atau berdiskusi langsung di grup fb.