Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati

CaraGokil.Com – Komputer nyala sebentar lalu mati lagi ?. Dan hanya kipas psu dan kipas prosesor saja yang berputar. Jika kita mengalami masalah yang sama seperti diatas maka kalian bisa membaca pengalaman admin dalam mengatasi masalah tersebut dbawah ini.

Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati
Masalah diatas bisa disebabkan karena beberapa paktor seperti listrik sedang 2pass atau tegangan rendah sehingga psu tidak bisa menyuplai listrik ke komputer, masalah ini bisa dilihat dengan nyala lampu rumah yang redup dan televisi tidak bisa hidup maka solusinya kita harus menunggu listrik pln normal kembali.
Baca Juga :

 Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati

Jika aliran listrik pln normal tidak 2pass tapi pc kita tidak mau hidup maka dapat dipastikan masalah ada pada komputer, dan untuk cara mengatasinya kalian bisa mengikuti pengalaman admin dalam mengatasi masalah komputer yang mati total atau hidup sebentar kemuadian mati lagi dibawah ini

Ciri ciri psu bermasalah

Psu mati total

  • Jika komputer kita tidak menyala sama sekali maka kita bisa mencurigai psu terlebih dahulu, karena jika psu normal tetap akan menyala walaupun pc kita rusak.

Psu drop tegangan

  • Masalah yang ditimbulkan dari psu drop adalah pc akan sering restart sendiri atau hanya menyala sebentar kemudian mati kembali.

Cara Mengatasi

  • Pastikan semua kabel terpasang dengan kencang di socketnya
  • Replace semua kabel dari power supply (pasang ulang kabel)
  • Bersihkan semua socket/port colokan kabel dari debu
Jika masih belum menyala kita lanjutnkan kelangkah berikutnya

  • Pinjam power supply (psu) ke teman atau tetangga kita
  • Jika komputer menyala itu berarti psu kita sudah rusak dan harus diservice atau diganti dengan yang baru sesuai kebutuhan
  • Jika komputer masih tidak menyala itu tandanya motherboard kita yang bermasal dan harus dibawa ketukang service terdekat


Jadi kesimpulannya adalah jika masalahnya komputer mati total atau hidup sebentar kemudian mati lagi itu tandanya ada masalah pada pasokan listrik. Itu sering terjadi karena psu drop atau rusak dan motherboard yang rusak juga suka ada namun kasusnya sangat jarang.

Terimakasih telah berkunjung ke caragokil.com dengan artikel tentang Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati, semoga tutorial yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah ilmu kita semua. Jika mengalami masalah atau masih bingung bisa memberikan komentar atau berdiskusi langsung lewat grup fb.