Menu Sahur Agar Kuat Berpuasa

CaraGokil.ComMengapa cepat lapar dan haus saat puasa? Jika kita mengalami masah ini mungkin ada yang salah dengan cara dan makanan yang kita konsumsi, oleh sebab itu alangkah baiknya jika kita tahu terlebih dahulu makan dan minuman apa saja yang harus di konsumsi saat sahur  agar puasa kita kuat sampai akhir.

menu sahur agar kuat berpuasa

Mungkin ada beberapa orang yang kuat puasa tanpa sahur tentunya dengan latihan sebelum puasa atau sudah terbiasa dengan puasa sunah yang dilakukan sebelumnya, tapi alangkah baiknya jika kita melaksanakan sahur, karena sahur itu termasuk sannah yang mendapatkan pahala, apalagi bagi kita yang tidak terbiasa dengan puasa atau anak kecil yang baru memulai belajar puasa.
Baca Juga :



Menu sahur agar kuat puasa

Menu sahur agar kuat puasa
Hindari minuman bergula 
Dilansir dari Star2 sebaiknya Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung gula seperti soda, teh manis, coklat, kopi dll karena bersifat diuretik adau memicu buang air kecil, jadi lebih baik minum air putih yang cukup dan beberapa buah kurma seperti yang di contohkan nabi “Muhammad SAW”.

Hindari makanan berminyak
Berbeda dengan makanan manis, walaupun mengadung banyak gula tetapi tidak memicu buang air kecil akan tetapi perlu diingat bahwa makanan dengan gizi seimbang yang bisa membuat kita kuat dan bertenaga menjalani ibadah puasa maka usahakan memakan karbohidrat, protein dan sayur bahkan vitamin jika diperlukan.

Pentingnya Makan Sahur

Sahur sangat penting agar kita kuat menjalankan ibadah puasa karena di saat itulah kita dapat mengisi tenaga untuk badan kita agar bisa beribadah, karena Makanan adalah kebutuhan utama seperti minuman maka dari makananlah kita mendapatkan tenaga untuk beraktiditas sehari hari, untuk menu sahur makanan yang wajib ada adalah makanan yang mengandung beberapa nutrisi seperti.

Makanan yang baik untuk sahur

  • Karbohidrat 
Makanan yang baik untuk sahur
Karbohidrat bisa kita dapatkan dari nasi, kentang, jagung, roti, gandum dll, dan untuk menu sahur kita bisa mengganti sumber karbohidratnya setiap hari agar selera makan bisa bertambah dan tidak bosan.
  • Protein
Protein
Sebagai pelengkap menu sahur kita juga perlu protein untuk kebutuhan tubuh, dan Sumber makanan yang mengandung protein sangat banyak ragamnya baik dari hewani seperti daging aya, sapi, telur, ikan dll atau nabati seperti tempe, tahu, kacang kacangan dll.
  • Vitamin
Vitamin
Vitamin bisa kita dapatkan dengan memakan sayuran seperti bayam, wortel, sayur asam dll atau multy vitamin jika diperlukan, dengan demikian badan kita tidak akan kekurangan vitamin dan bisa bekerja dengan makasimal.

Minuman yang baik untuk sahur

Minuman yang baik untuk sahur
Minuman yang baik untuk menjalani ibadah puasa adalah air putih, jus buah. Susu dll dan usahkan untuk minum air putih hangat sesudah makan untuk menetralisir minyak di tenggorokan (minyak bersifat panas dan memicu kering tenggorokan).
Partner :MozoAndroid, Hissense

Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki kebutuhan asupan makanan yang berbeda beda, baik anak kecil, orang dewasa atau dari segi aktifitas dan pekerjaan pasti tidak akan sama maka dari itu kita harus tahu kapasitas asupan makanan dengan aktifitas pekerjaan yang kita lakukan.

Terimakasih telah berkunjung ke caragokil.com dan membaca artikel tentang menu sahur agar kuat berpuasa ini, semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kita, dan jika masih bingung dengan penjelasan di atas maka bisa langsung memberikan pertanyaan di komentar atau bisa berdiskusi langsung di gruo fb.