Perbuatan yang dapat membatalkan puasa & Penjelasannya

CaraGokil.Com - Sebelum kita melakukan ibadah puasa maka alangkah baiknya jika kita mengetahui faktor atau perbuatan yang bisa membatalkan puasa, dengan demikian kita bisa menghindari dari perkara batalnya puasa kita.

yang dapat membatalkan puasa

Faktor dan perbuatan yang dapat membatalkan puasa adalah perkara yang dapat membuat puasa kita tidak sempurna atau bahkan puasa kita tidak sah bahkan tidak mendapatkan pahala sedikitpun. Nabi SAW bersabda "Banyak dari orang orang yang berpuasa tapi tidak memperoleh hasil dari puasanya melainkan lapar dan dahaga saja".
Baca Juga :
Persiapan dasar sebelum puasa di bulan ramadhan

Perbuatan yang dapat membatalkan puasa


  • Makan dan minum disengaja di siang hari

Memasukan beda kedalam mulut berupa makanan ataupun minuman dengan sengaja dapat membatalkan puasa karena hal itu dapat memuaskan. Namun jika kita memakan dan minum tanpa disengaja atau lupa maka tidak termasuk batal dan boleh melanjutkan berpuasa


  • Jima’/berhubungan suami istri

Melakukan hubungan suami istri di siang hari dengan sengaja baik keluar air mani atau tidak dapat membatalkan puasa. Dan suami istri ini harus mengganti atau puasa qadha puasanya di bulan selain bulan Ramadhan.

Membayar kafarat dengan memerdekakan budak, dan jika tidak mampu maka bisa menggantinya dengan puasa di luar bulan ramadhan selama 2 bualan berturut turut. Jika masih belum mampu maka bisa menggantinya mengan memberikan fidyah untuk 60 orang fakir atau miskin.

Jika semuanya tidak mampu, maka kafarat tersebut tidak gugur dan tetap menjadi tanggungannya, dan bila mampu membayar dengan cara mencicil maka lakukan saja dengan segera.


  • Kelua air mani

Sepertihalnya berjima’ mengeluarkan air mani dengan sengaja juga bisa membatalkan puasa, tapi jika keluar dalam kondisi tidak sadar atau bermmipi maka tidak akan membatalkan puasa


  • Haid dan nifas

Keluarnya darah dari kemaluan wanita maka tidak diperbolehkan berpuasa hingga bersih dari hai dan nifas, kita wajib mengganti (qadha) puasa di bulan selain bulan ramadhan.


  • Memasukan benda ke qubul dan dhubur

Masuknya benda padat atau cair melalui kedua lubang (qubul dan dhubur)dapat membatalkan puasa seperti memasukan jarum suntik, mengobati dhubur atau kemaluan bagi orang sakit. Sebaiknya hindari kegiatan yang dapat membatalkan puasa seperti berenang.
Muntah disengaja


  • Gila

Orang yang memiliki gangguan jika maka tidak diwajibkan puasa, dan jika dalam puasa kemudian gila maka puasanya batal.

Muntah dengan disengaja bisa membatalkan puasa seperti memancing terjadinya muntah dengan jari, namun jika muntah dalam keadaan sakit atau muntah karena mabuk perjalanan maka itu tidak membatalkan puasa.
Fartner : Mozo Android

Terimkasih telah berkunjung ke caragokil.com, semoga artikel tentang Perbuatan yang dapat membatalkan puasa ini bisa membantu dan bermanfaat dalam ibadah kita, mungkin banyak faktor yang dapat membatalkan puasa namun di artikel ini admin memberikan contoh yang sering dilakukan dan membatalkan puasa.