CIRI CIRI TOXIC PEOPLE - Waspadai Orang-Orang Ini Saat Kalian Berteman

CIRI CIRI TOXIC PEOPLE
CIRI CIRI TOXIC PEOPLE


Apa itu Toxic people ?

Kalau diterjemahin Toxic itu artinya racun, Nah kenapa disebut racun? jadi gini kalau kalian memikirkan akan berinteraksi dengan orang tersebut kalian tuh merasa cemas, capek atau bahkan marah, atau kalian itu merasa interaksi dengan orang tersebut tuh nggak ada sama sekali.

Dokter Dewi Ratna Suminar Pakar Psikologi Universitas Airlangga menjelaskan terdapat beberapa karakteristik dari Toxic people ini, diantaranya memiliki ego yang tinggi, narsis, suka mengkritik tidak berempati dan suka Cari perhatian, suka menghasut dan karakteristik lainnya yang dapat menyerap energi orang lain ketika berinteraksi dengannya.


CIRI CIRI TOXIC PEOPLE

Singkatnya, Toxic people adalah istilah bagi orang-orang yang menyulitkan hidup orang lain, di sini caragokil akan share tentang 6 tipe dari Toxic people yang kalian sadar atau enggak sering ditemui di sekitar kita, biar kalian nggak terjebak dalam pertemanan yang beracun dan biar bisa juga evaluasi diri, Apakah kehadiran kita dalam hidup orang lain itu nyusahin.

Search Keyword:

omongan toxic adalah, toxic friend adalah, toxic relationship adalah, karakter toxic, toxic adalah bahasa gaul, lingkungan toxic adalah, toxic adalah brainly, toxic artinya dalam bahasa indonesia


1. THE CONTROLLER

The controller atau yang lebih sering kita kenal dengan sok ngatur. biasanya orang kaya gini selalu berusaha mengatur atau mengontrol orang-orang di sekitarnya. Tipikal orang yang seringkali ikut campur dengan apa yang mau kalian lakuin, saat kalian bantah mereka selalu punya tuh sederhana argumen buat meyakinkan kalian.

Orang-orang kaya gini buat kalian akan merasa sumpek kalian akan merasa nggak memiliki kebebasan saat bersama dengan mereka, Jadi sebelum kalian benar-benar terjebak tinggalkan tipikal orang seperti ini selagi bisa.


2.  THE NARCISSIST

Pasti kalian Udah nggak asing sama tipe Toxic people yang satu ini, Gini kalian pernah gak ngobrol sama orang yang di mana percakapan itu didominasi sama dia, nggak ada tanda-tanda mau nanya balik ataupun kalau nanya belum kalian sempat nanggapin ehh udah keburu dipotong sama itu orang, lagi pula isi pembicaraannya kebanyakan tentang hal-hal yang berkaitan dengan dirinya aja, intinya orang ini hanya peduli dengan dirinya seolah-olah pusat tata surya itu bukan matahari tapi dirinya. Seringkali tipikal narsis ini menempatkan dirinya di posisi atas, ya... kaya merasa mereka lebih baik dari orang lain lah. 

Nah kalau udah kayak gitu jangan diharap lagi deh rasa empati dari mereka, secara mereka cuma peduli sama dirinya aja, Jadi kalian pasti udah bisa nih kan nentuin langkah apa saja yang perlu diambil buat menghadapi orang yang egois dan nggak peduli tentang kebutuhan kalian.


3. THE ENERGY VAMPIRE

Sesuai dengan namanya ada vampirnya, jadi orang ini bisa ngisep gituh tapi bukan darah, namun kehadiran orang ini bisa menghisap energi orang-orang yang ada disekitarnya. Biasanya orang kaya gini kalau hadir seringkali membawa emosi atau suasana negatif misalnya seringkali kalau lagi bersama dengan orang ini yang diomongkan hal-hal negatif yang buat kalian gak nyaman atau sering kali melontarkan kritik yang sifatnya menjatuhkan. Kalau udah terdeteksi kecenderungannya kayak gitu Coba deh jauhin aja.


4. THE DRAMA MAGNET

kalau kalian nemuin orang yang kisah hidupnya kayak sinetron puluhan sesion dan kisahnya itu nggak ada habis-habisnya dan itu-itu aja yang dibahas, ya kalau nggak kisah cintanya dia Apa aja deh yang kisahnya tuh kedengarannya dramatis kalau diceritain. 

Biasanya orang kaya gini pandai mengarang cerita, atau kalau nggak membesarkan masalah yang kecil, sebenarnya orang seperti ini cuma butuh perhatian aja. Coba deh saat mereka cerita masalah yang mereka alami lalu kalian beri saran, kalau enggak mereka dengerin ya udah berarti itu orang yang butuh perhatian aja. 

Layaknya drama yang dipentaskan butuh penonton dan si Drama Magnet ini jadi pemeran utamanya, so kalau kalian suatu saat nanti nggak mau jadi bagian dari drama mereka mulai dari sekarang atau langkah untuk menjauh.


5. THE GREEN EYED

Yang paling menonjol dari Tipe ini adalah rasa iri, dengki dan cemburu. Mereka nggak bisa tuh lihat orang lain bahagia dan parahnya kebahagiaan orang lain itu adalah penderitaan kalian.

Jadi kecemburuan mereka itu diaktualisasikan dalam bentuk penilaian negatif, kritik yang menjatuhkan dan ghibah, beracun banget kan orang kaya gini!. Jadi kalau kalian nemuin orang kaya gini mesti hati-hati aja karena kalau nggak bakal tahu apa yang mereka katakan tentang kalian di belakang.

6. THE COMPULSIVE LIAR

Sesuai dengan namanya, The compulsive liar ini adalah seorang yang seringkali berbohong, walaupun tipikal ini nggak menyampaikan kebohogan yang besar tapi orang ini secara konsistan menyampaikan kebohongan kecil yang menurutnya sih biasa aja atau hanya sekedar candaan. Namun bagi orang-orang di sekitarnya ketidakjujuran yang dilakukan terus-menerus tentu saja terasa melelahkan, karena seringkali harus merlagukan kata-kata yang dia sampaikan. 

Parahnya, orang kaya gini tuh Nggak sadar kalau kalian itu udah muak dengan kata-kata bahwa mereka, selain itu sikap compulsive liar ini juga pandai memanipulasi dan memanfaatkan kebaikan orang lain, dan dia juga bisa membuat orang lain merasa bersalah.

Nah itu tadi adalah 6 Axis gimbal yang sering kita temui di sekitar kita, perlu diketahui juga bahwa sifat sifat beracun ini tak selalu tampak jelas, jadi jangan cuma mewaspadai teman temanmu, tapi penting banget juga buat kamu mengevaluasi diri sendiri, selain kamu terhindar kamu juga nggak jadi orang yang dihindari karena mengidap sifat beracun itu. 

SOURCE : Ceritain