Sukses Gak Harus Jadi Pengusaha (Tips Sukses untuk Semua Pekerja)

Sukses Gak Harus Jadi Pengusaha

Sukses

Bisa jadi ini adalah kata yang sering banget disebut-sebut kalau orang tuh lagi ngomongin masa dapan, cita-cita, tujuan hidup, dan sejenisnya.

Kayak misalnya gini nih, kalau kita nanya orang "Lo mau jadi apa, sih?" Nah, sebagian besar orang tuh pasti bakal jawab "Gue mau jadi orang sukses".

Ya wajar, sih. Wajar banget malah

Kan justru aneh gitu kalau ada orang yang jawab "Gue mau jadi orang gagal." Like.. ngapain gitu lo mau jadi orang gagal gitu hahaha...


Lo sendiri gimana? Lo tim mau sukses atau mau gagal?

Ya sukses lah, kalau ga ngapain liat video Satu Persen gitu kan hahaha...

Oke, sebelum kita lebih jauh ngomongin soal sukses, gue mau nanya dulu deh, menurut lo sukses itu apa, sih?.


Orang yang tergolong sukses itu yang kayak gimana, sih?

Lo yakin ga sih kalau tujuan hidup kita tuh semata-mata cuma buat jadi sukses?

Nah, pertanyaan kayak gitu tuh bisa dibilang pertanyaan mendasar banget soal sukses,

tapi mungkin bisa aja ternyata lo masih ragu sama jawaban yang lo kasih

atau bahkan lo ga tau mau jawab apa?.


Kalau lo termasuk orang kayak gitu, video ini cocok banget buat lu tonton sampe abis

karena di sini gue bakal ngajak lo diskusi bareng, sebenernya sukses itu kayak apa sih dan gimana sih?

Atau buat lo yang udah tau definisi sukses dan standardnya ya gapapa nonton aja kita bisa ngobrol nanti di comment section


Oke, lo pengin jadi orang sukses?

Pertama gini, coba deh sekarang lo bayangin jadi orang sukses

Nah, gambaran kehidupan kayak apa sih yang muncul di kepala lo pas lo ngebayangin sebuah kesuksesan?

Apa lo membayangkan jadi pengusaha yang kaya raya?

Orang dengan penghasilan ratusan juta atau milyaran gitu?

Atau orang yang bisa liburan keliling dunia ke mana aja kapan aja?

Well, kalau itu yang lo pikirin, lo ga sepenuhnya salah, sih

Buat beberapa orang memang sukses itu ada hubungannya dengan banyak uang

Somehow kehidupan ini tuh emang seolah bikin kita meyakini bahwa uang adalah kunci kesuksesan

Bahkan nih ada nih yang sering ngomong kalimat ini "Uang itu bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang".


Ya, mungkin bener sih segalanya butuh uang. Nah, tapi kalau gitu sebenernya berapa banyak sih uang yang harus kita punyai biar bisa dianggap sukses?

Seratus juta? Satu Milyar? Satu Triliun? Atau berapa?

Tebakan gue, lo ga punya jawaban persisnya

Ya, ngga?

Yang lo pikirin kemungkinan kayak gini nih

atau hal lain deh, kalau orang gue tanya apa yang lo cari di dunia gitu ya selain jawab pengin sukses ada juga yang jawab pengin masuk surga

terus kalau gue tanya lagi emang mau ngapain aja sih di surga nanti?

Dan biasanya pas ditanya begitu bakal sama aja sama yang tadi bilang pengin sukses

ga bisa jawab juga sebetulnya apa yang dipengin-in


Jadi, apa sih yang sebetulnya dicari sama orang?

Coba kita mikirnya gini deh,

Let's say lo punya uang yang ga terbatas, banyak banget

lo bakal pake buat apa, sih?

Ya, simple aja kan? Lo bakal pake buat hal-hal yang menyenangkan

Kenapa coba lo pengin punya uang banyak dan memakainya buat hal-hal yang menyenangkan?

Menurut gue, jawabannya tuh simple banget, kemungkinan besar karena sekarang lo ga bahagia

dan lo berpikir bakal ada hal yang bisa lo beli dan itu bikin lo bisa bahagia

Ya, ngga?


Dan di bayangan lo hal-hal kayak gitu itu tuh pasti malah dan di luar daya beli lo sekarang

Kenapa? Karena dengan apa yang bisa lo beli sekarang, lo belum bahagia

Jadi ya, pasti semua ini karena lo kurang kaya aja gitu

kurang sukses aja, "Kalau gue lebih kaya, gue lebih sukses, gue pasti bisa beli sesuatu dan itu bikin gue bahagia"


Bener ga tebakan gue?

Kalau bener, gue mau kasih tau suatu hal sama lo, lo salah

Bukan gitu caranya bahagia

Bahagia itu ada di pikiran lo

dan lo mau sekaya apapun pikiran lo harusnya sama-sama aja, kan?

Coba deh lihat kasus-kasus celebrity yang kaya raya, yang depresi, atau bahkan sampe bunuh diri

Mereka kaya raya lho, jadi bahagia ga? Ga juga, kan?

Ya, bener sih uang tuh punya peranan tertentu dalam kebahagiaan

dan gue bakal jelasin nanti, tenang aja yaa,

tapi kalau lo mikir lo harus sukses dan kaya raya untuk bisa bahagia, gue minta lo inget kalimat ini baik-baik

"Ketidak bahagiaan loe sekarang, bukan cuma karena kamu kurang kaya"

percaya deh


Apa sih bahagia itu sebenernya?

Sebetulnya simple, sih

"bahagia itu adalah saat dimana kita mendapatkna apa yang kita butuhkan"

Udah gitu doang

"Tapi, Kebutuhan gue udah terpenuhi, gue punya sandang pangan papan, belum bahagia tuh gue"

Gini nih

Di dalam ilmu psikologi, kita mengenal adanya Hierarki Kebutuhan Maslow

dan sandang pangan papan ya itu tuh cuma tingkatan pertama yang paling dasar


1. Tingkatan pertama adalah kebutuhan fisiologis

Jadi, kalau kebutuhan lo cuma terpenuhi sampai sini, ya wajar lo belum merasa cukup bahagia, masih ada empat lagi, gitu

kita lanjut dulu ya.


2. Tingkatan nomer dua adalah butuh rasa aman

Tingkatan kedua dalam kebutuhan manusia itu adalah yang namanya manusia itu tuh butuh rasa aman

Rasa aman ini termasuk di dalamnya adalah rasa aman dari masalah keuangan

artinya lo ga perlu khawatir bahwa minggu depan lo ga punya cukup uang buat makan, bulan depan lo ga bisa bayar kosan, dan yang namanya uang itu cuma dominan di dua tingkatan pertama ini

Iya dong, dominan banget dong

Lo bisa makan pake apa? Ya pake uang kan buat belanja?

Lo bisa ngerasa aman secara keuangan dengan apa coba? Ya dengan cara punya pemasukan yang stabil

dan basically, kalau lo mau tau berapa banyak uang yang bener-bener lo butuh buat bahagia itu sebenernya ga jauh-jauh dari pemenuhan dua tingkatan pertama ini sih

cukup buat bayar makan, tempat tinggal, dan tagihan bulanan lo, that's it

Lo ga butuh punya mobil mewah cuma buat menuhin dua tingkat kebutuhan tadi, kan?

Buat apa coba? Emang kalau mobil lo Audi lantas keuangan lo lebih aman?

Ya, ngga, kan?

Gue lanjut dulu ya, kita sekarang masuk ke tingkatan berikutnya.


3. Tingkatan nomer tiga adalah kebutuhan sosial

  • Lo butuh lingkungan sosial yang nerima lo
  • Lo butuh lingkungan yang support lo
  • Lo butuh orang-orang yang sayang sama lo

Ini bisa jadi keluarga yang harmonis, bisa jadi temen yang baik, bisa jadi sahabat, bisa jadi pasangan romantis, dan sebagainya

Butuh uang ga buat ini? Ya, butuh sih, I mean lo nogkrong kan minimal butuh ongkos dan duit jajan gitu ya, tapi ya harusnya ga banyak-banyak banget, kan?

Dan biasanya yang gue temui di ribuan kasus konsultasi Satu Persen, orang biasanya mentok di sini

Ngga tau caranya ngedapetin temen yang baik, ngga tau gimana caranya dapet hubungan romantis yang sehat, dan semacamnya

Percaya deh kalau lo kayak gitu, di titik ini nih diri lo sekarang, untuk bisa mencapai kebahagiaan lo tuh bukan butuh uang

lo tuh cuma butuh buat disayang

Nah, itu tadi tingkatan ketiga

Di dua tingkatan terakhir lebih ga ada hubungannya lagi dengan uang

Di tingkat keempat ada percaya diri, dan di tingkat kelima ada aktualisasi diri.


Source : Satu Persen - Indonesian Life School ( https://youtu.be/wkNOHyB0BTw )


Posting Komentar