Daftar Film Perang Perjuangan Indonesia Melawan Penjajah

film perang perjuangan indonesia
Daftar Film Perang Indonesia Melawan Penjajah


Daftar Film Perang Perjuangan Indonesia Melawan Penjajah - Film Perang Perjuangan Indonesia ini bisa membangkitkan jiwa nasionalis kita terutama untuk para pemuda penerus bangsa, dengan begitu kita akan lebih menghargai dan mencintai tanah air kita ini.


Dan disaat ini kita harus terus menjaga rasa nasionalis cinta tanah air ini, jangan sampai kemerdekaan yang sudah kita dapatkan dengan darah dan nyawa para pahlawan menjadi sia sia dengan kita lupa dengan sejarah kita sendiri.


Film Perang Perjuangan Indonesia Melawan Penjajah

Hal positif yang bisa kita ambil dari film bertemakan tentang perjuangan melawan penjajah adalah betapa sulitnya merebut kemerdekaan yang sudah kita dapatkan sampai saat ini, rakyat indonesia rela berkorban segalanya bahkan nyawa sekalipun demi sebuah kemerdekaan.

Film Guru Bangsa Tjokroaminoto

Film Guru Bangsa Tjokroaminoto
Film Guru Bangsa Tjokroaminoto

Tjokroaminoto mengisahkan tentang biografi pahlawan Nasional, Tjokroaminoto yang diperankan oleh Reza Rahadian. Dirilis tahun 2015, "Guru Bangsa Tjokroaminoto" berkisah tentang Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto yang memiliki andil besar pada masa awal kemerdekaan Indonesia. Di sini diperlihatkan perjuangan Tjokroaminoto yang menyadarkan masyarakat untuk merebut kemerdekaan.

Kala itu, pendidikan masih minim, rakyat miskin di mana-mana dan tidak ada sekolah untuk rakyat. Tjokroaminoto pun mendirikan organisasi Sarekat Islam untuk melakukan aksi dan sosialiasi yang tujuannya mengajak masyarakat terlibat dalam usaha kemerdekaan.

Film Sang Pencerah

Film ini menjadikan sejarah sebagai pelajaran pada masa kini tentang toleransi, koeksistensi (bekerjasama dengan yang berbeda keyakinan), kekerasan berbalut agama, dan semangat perubahan yang kurang.

Sang Pencerah mengungkapkan sosok pahlawan nasional itu dari sisi yang tidak banyak diketahui publik. Selain mendirikan organisasi Islam Muhammadiyah, lelaki tegas pendirian itu juga dimunculkan sebagai pembaharu Islam di Indonesia. Ia memperkenalkan wajah Islam yang modern, terbuka.

Film Pasukan Berani Mati

Pasukan Berani Mati adalah salah satu film perjuangan Indonesia jadul yang mengisahkan orang-orang yang berani dan rela mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan melawan penjajah. Namun, dalam film sejarah Indonesia ini juga diceritakan beberapa penduduk yang berkhianat dengan membocorkan strategi perang kepada penjajah.

Kisah dari film ini menampilkan bagaimana kegigihan para pejuang melawan Belanda. Sebuah kota kecil telah direbut oleh tentara Belanda setelah menjatuhkan bom-bom dan menyerang kota dengan kendaraan-kendaraan Panser.

Film Sang Kiai

Film Sang Kiai
Film Sang Kiai

film Sang Kiai yang menceritakan KH Hasyim Asyari, seorang pejuang kemerdekaan sekaligus pendiri Nahdlatul Ulama. Film ini mengisahkan KH Hasyim Asyari (Ikranagara) yang menolak melakukan Sekerei (menghormati matahari) yang diperintahkan oleh Jepang karena KH Hasyim Asyari merasa bahwa Sekerei menyimpang dari ajaran Islam.

Film Laskar Pemimpi

Laskar Pemimpi adalah salah satu film perjuangan kemerdekaan Indonesia melawan penjajah yang tidak hanya memberikan kisah sejarah saja, namun juga punya nuansa komedi yang cocok untuk kamu tonton.

Film Trilogi 'Merah Putih'

"Merah Putih" merupakan sebuah film trilogi perjuangan rakyat Indonesia melawan Belanda setelah kemerdekaan. Berlatar belakang tahun 1947, film ini mengisahkan tentang para pemuda dari berbagai suku yang berjuang mempertahankan kemerdekaan Tanah Air.

Film ini berkisah tentang perjuangan melawan tentara Belanda pada tahun 1947. Amir (Lukman Sardi), Tomas (Donny Alamsyah), Dayan (Teuku Rifnu), Soerono-Zumi Zola, dan Marius (Darius Sinathrya) adalah lima kadet yang mengikuti latihan militer di sebuah Barak Bantir di Semarang Jawa Tengah. 

Masing-masing mempunyai latar belakang, suku, dan agama yang berbeda. Suatu ketika, kamp tempat mereka berlatih diserang tentara Belanda. Mereka yang berhasil lolos, bergabung dalam pasukan gerilya di pedalaman Jawa. Disana, mereka menemui strategi untuk mengalahkan banyak pasukan Belanda


Film Merah Putih

Perjuangan para tentara Indonesia dalam melawan penjajah Belanda, cerita ini dikemas ciamik di film 
Merah Putih. Film Merah Putih juga masuk dalam film perjuangan Indonesia melawan penjajah yang direkomendasikan untuk kamu tonton. Film sejarah terbaik ini menceritakan perjuangan para pejuang Indonesia melawan penjajah dengan setting waktu tahun 1947.

Film Ketika Bung di Ende

Film Ketika Bung di Ende
Film Ketika Bung di Ende

Ini salah satu serpihan kisah Soekarno. Kala itu, sekitar tahun 1934, akibat kegiatan politik yang meresahkan Belanda, Soekarno diasingkan ke Ende. Soekarno pergi bersama istri Inggit Garnasih yang merupakan anak Ratna Djuami alias Omi. Dia juga pergi bersama dengan ibu mertuanya Amsi.


November 1828

Film ini menceritakan tentang sebuah kelompok penduduk desa di Jawa yang memberontak melawan pemerintahan penjajahan Hindia Belanda. Film ini mengandung tema loyalitas dan pengkhianatan.


Film Kartini

Film Kartini
Film Kartini

film ini menceritakan perjuangan Kartini dalam memperjuangkan emansipasi perempuan Indonesia
Film arahan Hanung Bramantyo ini merupakan biografi dari RA Kartini yang mengupayakan kesetaraan hak untuk perempuan khususnya di bidang sosial dan pendidikan.

Tumbuh dengan menyaksikan ibu kandungnya, Ngasirah yang terbuang di rumahnya sendiri. Kartini merupakan keturunan ningrat sehingga berkesempatan mengenyam pendidikan.


Film Soekarno

Film yang sempat menjadi kontroversi ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo pada 2013. Dibintangi oleh Ario Bayu sebagai sang proklamator, "Soekarno" berkisah tentang masa kecil Presiden pertama RI yang bernama Kusno, masa remaja, kisah cinta hingga saat memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

Soekarno mengisahkan tentang seorang anak kurus yang sering sakit bernama Kusno (yang kemudian digantikan nama menjadi Soekarno oleh ayahnya) berharap untuk menjadi ksatria layaknya Adipati Karno. Dan harapan tersebut pun berhasil ia lakukan ketika di usianya yang ke-24, ia berdiri di podium sembari berseru: "Kita harus merdeka sekarang!".


Film Jenderal Soedirman

Film Jenderal Soedirman

Jenderal Soedirman mengusung kisah pahlawan nasional tersebut dalam memimpin perang gerilya mempertahankan kemerdekaan. Dirilis tahun 2015, film garapan Viva Westi ini berkisah tentang Jendral Soedirman (Adipati Dolken) yang melawan Belanda secara gerilya meski sedang sakit paru-paru.

Film tersebut juga memperlihatkan taktik dan strategi perjuangan Jendral Soedirman yang membuat Belanda kehabisan logistik dan waktu. Dia juga bersembunyi di balik hutan-hutan Jawa untuk melakukan penyerangan.


Film Battle of Surabaya

Film Battle of Surabaya
Film Battle of Surabaya

Musa mendapat misi menjadi pembawa surat-surat pribadi bagi para tentara pejuang kemerdekaan Indonesia. Ia tak seorang diri dalam membawakan surat-surat tersebut, ada dua temannya yang bernama Yumna dan Danu. Mereka bertiga banyak mengalami berbagai petualangan dalam menjalankan tugasnya.


Film Tjoet Nyak Dhien

Film Tjoet Nyak Dhien
Film Tjoet Nyak Dhien

Film Tjoet Nja' Dhien ini menceritakan tentang perjuangan pahlawan perempuan dari Aceh dan tayang pertama kali pada tahun 1988. Film ini menceritakan tentang pejuang wanita asal Aceh, Tjoet Nyak Dhien. Film ini diproduksi 1988 dengan disutradarai Eros Djarot.


Film Sang Pencerah

kisah pendiri NU, di film Sang Pencerah berlatar tentang kisah Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah
yang mengisahkan perjalanan hidup Ahmad Dahlan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia serta penyebaran agama Islam. Maka nggak heran kalau film ini juga masuk daftar film perjuangan Islam terbaik.

Film Nyai Ahmad Dahlan

Film Nyai Ahmad Dahlan menceritakan cerita hidup Siti Walidah dari kecil hingga akhirnya mendapatkan gelar sebagai pahlawan nasional. Sejak kecil, Siti Walidah memang sangat peduli dengan pendidikannya dan bertekad berjuang bersama Ahmad Dahlan demi kemerdekaan Indonesia.

Film Soegija

film ini mengisahkan catatan harian tokoh pahlawan Nasional Mgr. Soegijapranata. Tokoh-tokoh dalamn film ini berasal dari Indonesia, Jepang, Belanda, dan sipil maupun militer sehingga sejarah perjuangan Indonesia makin terasa ketika menonton film kemerdekaan ini.


Bumi Manusia

Kita akan mengikuti kisah Minke (Iqbaal Ramadhan) dan Annelies (Mawar De Jongh). Latar waktu yaitu sekitar abad 20, saat Indonesia masih dalam masa penjajahan Belanda.


Film Perawan Di Sektor Selatan

Laura jadi titik sentral cerita film ini. Karena sakit hati akan perlakuan gerilyawan republik hingga ibunya meninggal, Laura memihak Belanda dan diselundupkan sebagai mata-mata ke pasukan Kapten Wira (Kusno Sudjarwadi) di sektor selatan, suatu daerah pedalaman terpencil.


Film Janur Kuning

Film kolosal ini merupakan film kedua tentang peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949. Sebelumnya ada film berjudul Enam Jam di Jogja yang diproduksi 1951) dengan produksi termaal waktu itu.


Film Serangan Fajar

Peristiwa-peristiwa itu, diantaranya penaikkan bendera Merah Putih di Gedung Agung, penyerbuan markas Jepang di Kota Baru, penyerbuan lapangan terbang Maguwo, dan seranagn beruntun di waktu fajar yang dilakukan Adisutjipto dengan mengebom sekitar Salatiga, Semarang.


Film Kereta Api Terakhir

Pasca Perjanjian Linggarjati tahun 1947, markas besar tentara di Yogya memutuskan menarik semua kereta api dari Yogya. Letnan Sudadi (Rizawan Gayo), Letnan Firman (Pupung Haris), dan Sersan Tobing (Gito Rollies) ditugaskan mengawal kereta yang diberangkatkan dari Stasiun Purwokerto.


Film Lebak Membara

Setting film ini mengambil tempat di daerah Lebak, dekat Cirebon, Jawa Barat, di masa penjajahan Jepang.. Seorang pemuda perkasa bernama Herman (George Rudy) ditahan di markas tentara Jepang. Ia ditahan karena membela gurunya yang dianggap bersalah.

Film Komando Samber Nyawa

Film perjuangan berdurasi 86 menit dibintangi oleh sejumlah aktor yang dikenal dalam film-film laga.


Film Soerabaja 45

Film ini berdasarkan kisah nyata perjuangan warga Surabaya mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajah. Setting film ini sekitar penyerahan diri Jepang kepada sekutu dan peristiwa 10 November 1945.

Film Perburuan

bercerita tentang enam bulan setelah kegagalan PETA melawan Jepang. Hardo (Adipati Dolken) diburu oleh tentara Jepang karena dianggap sebagai otak dari pemberontakan.

Dalam sebuah pengejaran selama satu hari dan satu malam menjelang proklamasi kemerdekaan, sebuah drama perjuangan terungkap. Kekejaman Jepang, pengkhianatan ayah tunangannya serta sahabat tak membuat Hardo patah semangat merebut kemerdekaan.

Film Nagabonar

Nagabonar mengangkat dirinya sebagai seorang komandan sebuah laskar dan berjuang melawan Belanda. Di sisi lain, ia terlibat cinta dengan Kirana (Nurul Arifin), anak dokter yang berpihak kepada Belanda.

Generasi 1970 sampai 1980 pasti kenal dan pernah menonton film berdurasi 95 menit ini. Film ini digarap oleh sutradara M.T. Risyaf pada 1987.
adalah seorang copet yang mendapatkan kesempatan menyebut dirinya seorang jenderal di pasukan kemerdekaan Indonesia di Sumatera Utara.


Film Darah Garuda

Darah Garuda adalah salah satu film merah putih yang menceritakan perjuangan pahlawan Indonesia semasa Agresi Militer Belanda I yang terjadi di tahun 1947 yang lalu.


Film Hati Merdeka

Trilogi dari dua film lainnya, Merah Putih dan Darah Garuda, menceritakan tentang masa revolusi awal Indonesia pada tahun 1948



Film Sultan Agung sejarah Mataram Islam
Film Sultan Agung sejarah Mataram Islam
Film Sultan Agung sejarah Mataram Islam



Film Pangeran diponegoro
Film Pangeran diponegoro
Film Pangeran diponegoro



Film PERANG SAPUGARA
Film PERANG SAPUGARA
Film PERANG SAPUGARA


Film Fatahillah
Film Fatahillah
Film Fatahillah


Film Sejarah Perang Banjar - Perjuangan PANGERAN ANTASARI
Film Sejarah Perang Banjar - Perjuangan PANGERAN ANTASARI
Film Sejarah Perang Banjar - Perjuangan PANGERAN ANTASARI



Film PERJUANGAN SURABAYA 1945 "MERDEKA ATAU MATI"
Film PERJUANGAN SURABAYA 1945 "MERDEKA ATAU MATI"
Film PERJUANGAN SURABAYA 1945 "MERDEKA ATAU MATI"



Film Tragedi Siliwangi (Mereka Kembali)
Film Tragedi Siliwangi (Mereka Kembali)
Film Tragedi Siliwangi (Mereka Kembali)


Film Bandung Lautan Api
Film Bandung Lautan Api
Film Bandung Lautan Api


Film Lebak Membara
Film Lebak Membara
Film Lebak Membara



Film PERJUANGAN OPERASI TRISULA
Film PERJUANGAN OPERASI TRISULA
Film PERJUANGAN OPERASI TRISULA



Film SINGA LODAYA (film perjuangan Mobrig Polri melawan PKI 
Film SINGA LODAYA (film perjuangan Mobrig Polri melawan PKI
Film SINGA LODAYA (film perjuangan Mobrig Polri melawan PKI 



Film Pedjuang/Pejuang 1960
Film Pedjuang/Pejuang 1960
Film Pedjuang/Pejuang 1960



Terimakasih telah membaca artikel tentang Daftar Film Perang Perjuangan Indonesia Melawan Penjajah, semoga informasi yang kami berikan bisa menambah kecintaan kita kepada negara indonesia dan tidak mudah diadu domba oleh pihak asing yang ingin mengacaukan persatuan rakyat indonesia.


Posting Komentar