Begini Cara Mencegah Tertular Virus Corona atau Covid-19

CaraGokil.Com - Virus Corona  atau Covid-19 yang muncul dari Wuhan China kini sudah menyebar di beberapa belahan dunia, termasuk indonesia. Mirisnya, wabah virus yang satu ini sudah menelan ribuan korban jiwa diseluruh dunia. 

Begini Cara Mencegah Tertular Virus Corona atau Covid-19

Dan orang yang terjangkit virus ini selalu bertambah disetiap harinya. Samapi pada saat ini masih belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit dari virus corona tersebut, akan tetapi kita bisa mencegah virus ini dengan cara cara yang bisa diterapkan seperti berikut ini.

1.Mencuci tangan secara berkala

1Begini Cara Mencegah Tertular Virus Corona atau Covid-19

Tangan adalah bagian tubuh yang sangat berperan  dalam penularan VIRUS CORONA. Kenapa demikian ? meskipun virus corona menular melalui pernapasan seperti hidung dan mulut melalui udara, akan tetapi tangan adalah yang berperan menghantarkan virus corona itu ke tubuh kita. Yaitu dengan cara menyentuh permukaan wajah atau area pernafasaan bahkan makan sebelum mencuci tangan. Oleh karena itu kita harus rajin mencuci tangan secara rutin dan berkala agar terhindar dari virus corona ini.


2.Menjaga kesehatan

2Begini Cara Mencegah Tertular Virus Corona atau Covid-19

Tubuh yang sehat memiliki daya tubuh yang kuat serta sistem kekebalan tubuh yang dapat melawan berbagai macam penyakit atau virus termasuk virus corona. Oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan kita sebagai dasar untuk melawan virus corona tersebut. Mulailah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti : 

  • Makan Makanan bergizi
  • Perbanyak sayuran 
  • Olah raga secara rutin
  • Istirahat cukup
  • jika perlu tambah dengan asupan Vitamin



3. Menjaga kebersihan barang dirumah

3Begini Cara Mencegah Tertular Virus Corona atau Covid-19

Ternyata VIRUS CORONA dapat bertahan diatas permukaan benda dalam waktu yang sangat lama, bisa sampai berjam jam bahkan bisa sampai satu hari. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga kebersihan dengan cara rutin membersihkan permukaan benda atau barang yang sering disentuh oleh banyak orang seperti LANTAI, GAGANG PINTU, MEJA, HP dan barang lainnya. Gunakan air bersih dan jika ada ditambah dengan cairan pembersih yang sering ada di warung terdekat untuk memaksimalkan.


4. Menggunakan masker

4Begini Cara Mencegah Tertular Virus Corona atau Covid-19

Gunakan masker sebagai alat untuk mencegah masuknya virus corona kedalam hidung dan mulut. Gunakan masker streril yang sudah ditentukan pemerintah. Dikarenakan sekarang sudah sangat susah mencari masker yang anti bakteri di apotek dan toko, maka mau tidak mau kita harus memakai masker biasa yang tidak mengandung anti bakterinya. Jika anda juga mengalami susah menemukan masker yang biasa dijual di apotek dan toko maka anda juga bisa menggunakan masker biasa dengan catatan rutin mencucinya dengan deterjen  dan mengganti masker secara rutin dengan yang baru/bersih.


5. Menjaga jarak / Social distancing

5Begini Cara Mencegah Tertular Virus Corona atau Covid-19

Virus corona dapat menyebar dengan sangat cepat dari satu orang ke orang lain dengan cara bersentuhan atau tertempel air liur melalui udara dari orang yang sudah positif Covid-19. Oleh karena itu hindari kerumunan atau jaga jarak setidaknya satu meter dengan orang lain 

6. Menghindari berkerumun

6Begini Cara Mencegah Tertular Virus Corona atau Covid-19

Hindari keramaian seperti transportasi umum, perbelanjaan dan tempat lain yang dapat memicu orang berkerumun, karena disaat kita bersentuhan dengan satu orang ke orang lain, maka kemungkinan besar virus corona menempel kebadan kita sangat besar. Jadi jika tidak terlalu penting hindari kerumunan, dan jika terlanjur maka usahakan langsung mandi dan bersihkan semua barang yang tadi dipakai.


7. Hindari menyentuh wajah / mulut dan hidung

8Begini Cara Mencegah Tertular Virus Corona atau Covid-19

Hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencegah virus corona adalah dengan tidak menyentuh area wajah seperti hidung, mulut dan mata setelah melakukan aktifitas sebelum mencuci tangan. Karena seperti yang kita tahu bahwa pintu masuk dari virus ini adalah daerah wajah seperti mulut, hidung dan mata.

Semoga informasi yang kami berikan bisa membantu dan bermanfaat untuk kita semua ditengah virus corona yang semakin meresahkan ini. Marilah kita berdo’a kepada sang PENCIPTA agar wabah ini cepat berlalu dan kita bisa memetik hikmahnya dengan selalu bersyukur dan senantiasa selalu menjaga kesehatan dan kebersihan.