Waspada 6 Penyakit Yang Menyerang Saat Musim Hujan


CaraGokil.Com - Musim hujan biasanya terjani di awal November sampai Febwari setiap tahunnya, musim ini terjadi hampir sama diseluruh dunia termasuk indonesia. Namun adakalanya musih hujan datang lebih awal atau lebih lambat dari biasanya diakibatkan Pemanasan Global.

Pada awal pergantian musim/pancaroba, sering sekali cuaca berubah secara cepat dari panas ke hujan atau sebaliknya dan menyebabkan suhu udara menjadi lembab dan berkembangnya bakteri/virus menjadi cepat. Efeknya tubuh kita yang sedang tidak setabil karena cuaca akan mudah diserang bakteri dan virus tersebut.

Waspada 6 Penyakit Yang Menyerang Saat Musim Hujan

Dan perlu kita ketahui bersama bahwa ada beberapa penyakit musim hujan yang sering menyerang manusia, dan diharapkan dengan informasi ini kita semua bisa mewaspadainya agar penyakit ini bisa terhindar dari keluarga kita. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang muncul di musim hujan dan patut kita ketahui untuk menghindarinya.

6 Penyakit Yang Menyerang Di Musim Hujan

Flu dan Demam
Di musum hujan akan sangat mudah sekali seseorang terserang penyakit Flu dan demam ini baik anak kecil, muda sampai dewasapun bisa terserang Virus ini. Virus Influenza tipe A, B, atau C adalah penyebab terjadinya penyakit ini dan bisa menyebar melalui batuk, bersin atau dari sentuhan. Selain itu faktor cuaca juga mempengaruhi kondisi tubuh kita karena penurunan suhu yang sangat drastis dan menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh. 

Diare
Diare adalah penyakit yang ditandai dengan encernya fases saat buang air besar dan seringnya buang air tak seperti biasanya, Dan penyebabnya adalah Bakteri Rotavirus, Shigella, Cryptosporidium dll yang dihasilkan karena kurangnya menjaga kebersihan tangan dan makanan. Jika sudah mengalami tanda – tanda akan terjadinya diare maka marus segera diobati karena akan berdampak buruk bagi badan.

Demam Berdarah
Penyakit demam berdarah atau DBD ini merupakan penyakit musiman yang biasa muncul di saat peralihan cuaca. Penyakit DBD ini disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus, Ciri – ciri dari gejala penyakit ini seperti Demam Tinggi, Sakit kepala Hebat, Menggigil, Ruam Kemerahan Pada Kulit dan Nyeri Pada Sendi. Jika beberapa gejala tersebut sudah terlihat maka segera periksakan ke dokter.

Demam Tifoid (Tipes)
Demam jenis ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi yang masuk ke pencernaan melalui tangan atau makanan yang terkontaminasi. Penderita demam tipes disarankan untuk istirahat total dan segera periksa ke dokter.

Penyakit Kulit
Penyakit Kulit sangat rentan muncul disaat musim hujan karena perkembangan jamur, bakteri atau mikroba yang sangat cepat karena lebabnya suhu dan tenpat yang kotor. Penyakit ini sering kita jumpai di kulit seperti Gatal – gatal kemerahan, bentol atau bahkan bernanah. Dan untuk mengatasinya kita bisa membeli antibiotik dan mengoleskan obat kulit seperti anti jamur. Jaga selalu kebersiha kulit, pakaian dan lingkungan agar terhindar dari penyakit ini

Terimakasih telah berkunjung ke situs caragokil dengan materi artikel tentang 6 Penyakit Yang Menyerang Di Musim Hujan. Semoga informasi yang kami berikan bisa membantu dan menambah ilmu pengetahuan kita. Jika ada pertanyaan atau masalah bisa menghubungi dokter online