Album Lagu Doel Sumbang

Doel Sumbang adalah seorang penyanyi dan musisi asal Indonesia yang terkenal dengan lagu-lagu tradisional Sunda. Lahir pada tanggal 28 September 1952 di Desa Kadudampit, Kabupaten Bandung, Doel Sumbang merupakan anak dari pasangan Dullah Sumbang dan Siti Sulasmi. 


doel sumbang
doel sumbang


Doel Sumbang mulai dikenal luas setelah merilis lagu-lagu tradisional Sunda di tahun 1980-an, seperti "Runtah" dan "Kalau Bulan Bisa Ngomong". Selain menyanyi, Doel Sumbang juga terkenal sebagai musisi handal yang memainkan beragam alat musik, seperti kacapi, suling, dan kecapi. Doel Sumbang meninggal pada tanggal 28 April 2018 pada usia 65 tahun.


LihatLirik Dan Kunci Gitar Lagu Runtah


Top Album Doel Sumbang


Kalau Bulan Bisa Ngomong

2004


Kumpulan Pop Sunda

2002


Laut

2004


Album Reformasi

1998


Solehah

1996


Watau

2013


The Best Of

2020, EP


Lalaki

2015


Kesenian Sunda

Kesenian Sunda adalah seni budaya yang berasal dari wilayah Sunda di Indonesia. Kesenian Sunda termasuk musik, tari, drama, dan seni pertunjukan lainnya yang berkembang di daerah Sunda. Musik Sunda meliputi berbagai macam alat musik tradisional seperti kacapi suling, sindhen, dan bonang. Tari Sunda terdiri dari berbagai macam tari tradisional seperti tari piring, tari topeng, dan tari payung. Drama Sunda meliputi berbagai macam pertunjukan teater tradisional seperti wayang golek dan sandiwara.

Musik Sunda

Musik Sunda adalah salah satu jenis musik tradisional yang berasal dari daerah Sunda di Indonesia. Genre musik ini biasanya menggunakan alat musik tradisional seperti kacapi (sejenis catur), suling (sejenis seruling), dan bonang (sejenis kendang). Lagu-lagu dalam genre musik Sunda biasanya menceritakan tentang kehidupan sehari-hari, legenda, atau cerita rakyat. Genre musik ini juga sering dipertunjukkan dalam acara-acara adat atau perayaan di daerah Sunda.


Beberapa alat musik tradisional yang biasa digunakan dalam genre musik Sunda antara lain:

Kacapi: alat musik tradisional berupa sejenis catur dengan empat senar yang terbuat dari kayu atau bambu.

Suling: alat musik tradisional berupa sejenis seruling yang terbuat dari bambu atau kayu.

Bonang: alat musik tradisional berupa sejenis kendang yang terbuat dari kayu atau bambu.

Kendang: alat musik tradisional berupa sejenis drum yang terbuat dari kayu atau bambu.

Gambang: alat musik tradisional berupa sejenis xylophone yang terbuat dari kayu atau bambu.

Angklung: alat musik tradisional berupa sejenis xylophone yang terbuat dari bambu.

Alat-alat musik ini biasanya dimainkan secara bersama-sama dalam sebuah kumpulan musik Sunda untuk menghasilkan irama yang khas dan menyenangkan.

Bahasa Sunda

Bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah yang berasal dari daerah Sunda di Indonesia. Bahasa ini merupakan bahasa yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Sunda di Jawa Barat, Banten, dan Jakarta. Bahasa Sunda memiliki beberapa dialek, yaitu dialek Priangan, dialek Banten, dan dialek Jakarta. Bahasa Sunda memiliki sistem tata bahasa yang kompleks, termasuk dalam hal penggunaan akhiran yang bervariasi sesuai dengan jenis kata yang digunakan. Bahasa Sunda juga memiliki beberapa kosakata yang berasal dari bahasa Sansekerta, sebuah bahasa kuno yang berasal dari India.