Apa Itu Mosi Tidak Percaya?

CaraGokil.Com – Beberapa waktu lalu kata MOSI menjadi tranding topik dan banyak sekali orang yang mencari tahu kata itu di internet. Berawal dari aksi demonstrasi para mahasiswa yang menentang sejumlah RUU yang dianggap ngawur munculah sosok pemuda yang lantang mengungkapkan Mosi Tidak Percaya, bahkan dia mengubah singkatan Dewan Perwakilan Rakyat menjadi Dewan Penghianat Rakyat dan sontak video itupun menjadi VIRAL di indonesia.

Apa Itu Mosi Tidak Percaya?
KOMPAS TV


Ketua BEM UI Manik Marganamahendra melayangkan Mosi Tidak Percaya kepada DPR RI didepan beberapa anggota dewan seperti Masinton Pasaribu dari praksi PDIP dan politikus Gerindra Supratman Andi Agtas dan Heri Gunawan.

Lalu apa arti dari mosi tidak percaya itu? dan apa fungsinya untuk yang melayangkan pernyataan itu serta apa efek yang didapatkan untuk yang diberi pernyataan itu?. untuk lebih jelasnya kita bisa melihat penjelasannya dari sumber yang terpercaya di bawah ini. 


Penjelasan MOSI Tidak Percaya

Dikutip dari WIKIPEDIA bahwa arti dari Mosi tidak percaraya adalah sebagai berikut

Mosi tidak percaya adalah sebuah prosedur parlemen yang digunakan kepada parlemen oleh parlemen oposisi dengan harapan mengalahkan atau mempermalukan sebuah pemerintahan. Pemerintah seringkali menanggapi mosi tidak percaya dengan mengusulkan mosi kepercayaan. Tradisi ini dimulai pada Maret 1782 setelah kekalahan pasukan Britania dalam Pertempuran Yorktown (1781) dalam Perang Revolusi Amerika, Parlemen Kerajaan Britania Raya memutuskan bahwa mereka "tidak lagi percaya kepada menteri saat itu".

Perdana Menteri waktu itu, Lord North, menanggapinya dengan meminta Raja George III untuk menerima surat pengunduran dirinya. Hal ini meskipun tidak secara langsung menciptakan konvensi konstitusional; namun, pada awal abad ke-19, percobaan oleh Perdana Menteri untuk memerintah dalam keadaan tanpa mayoritas parlemen terbukti tidak berhasil, dan pada pertengahan abad ke-19, kemampuan mosi tidak percaya untuk memecahkan pemerintahan dibentuk di Britania Raya.


Dan hasil dari kamus besar bahasa indonesia seperti ini

keputusan rapat, misalnya parlemen, yang menyatakan pendapat atau keinginan para anggota rapat; -- kepercayaan mosi yang menyatakan wakil rakyat percaya kepada kebijakan pemerintah (pengurus organisasi dan sebagainya); -- tidak percaya Pol pernyataan tidak percaya dari Dewan Perwakilan Rakyat terhadap kebijakan pemerintah

Terimakasih telah berkunjung ke caragokil dan membca artikel tentang Apa Itu Mosi Tidak Percaya?, semoga informasi yang kami bagikan kali ini bisa memberikan manfaat dan berguna untuk kita semua. Jika ada pertanyaan dan masukan untuk kami maka bisa memberikan komentar atau langsung ke gup fb.